Cara Membuat Macaroon

Cara Membuat Macaroon yang Enak Dengan berbagai Kreasinya

Cara Membuat Macaroon – Kue yang memiliki banyak warna dan sangat indah Nama ini macaroon. Rasa manis dan renyahnya membuat kue ini banyak diburu orang.

Di Indonesia, kue imut ini sangat populer, padahal aslinya macaroon adalah kue asli Prancis. Kue lucu dan berwarna cerah ini sedang naik daun di dunia Kue Kue. Sebagai pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, macaroon telah lama populer di beberapa bagian Eropa, terutama Perancis.

Rasanya didominasi oleh rasa gurih almond yang menyatu dengan baik dengan berbagai rasa, seperti vanilla, kopi, coklat, buah-buahan, kelapa, hingga teh hijau. memiliki tekstur renyah di bagian luar tetapi lembut dan sedikit kenyal di bagian dalam. Saat dimakan, langsung meleleh di mulut. Semua orang ingin tahu di mana sebenarnya macaroon ini, menurut Larousse Gastronomique, kamus kuliner dari Perancis, resep macaroon asli yang berasal dari Venesia, Italia.

Kata macaroon berasal dari bahasa Italia, maccarone, yang berarti bentuk bubuk halus. Namun, popularitas macaroon sebenarnya dimulai di Prancis, versi tertua macaroon diyakini dibuat pada 791 AD di sebuah biara di Cormery. Saat membuat macaroon, Anda harus berhati-hati saat membaca, mengikuti resep dan ketepatan saat mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang.

Bahan-bahan, peralatan, dan metode pembuatan macaroon pada dasarnya sama dengan teknik membuat schuimpjes atau meringue (adonan putih telur). Bedanya, macaroon selalu menggunakan almond bubuk, dan adonan tidak dipanggang sampai kue kering. Bentuknya bundar dengan permukaan yang sedikit terangkat seperti koin tebal (tidak meruncing seperti kebanyakan schuimpjes), dan bagian bawah cake datar.

Cara Membuat Macaroon Sederhana

bahan :

  •     120 gr tepung almond
  •     2 sendok makan gula
  •     200 gr gula icing (gula bubuk)
  •     3 putih telur
  •     2 sendok makan gula icing (untuk taburan)
  •     Pewarna makanan secukupnya (warna bisa sesuai selera)

Olesan Macaroon :

  •     100 gr cokelat putih, cincang
  •     2 sendok makan krim kental
  •     1 1/2 sendok teh bubuk vanili

Cara Membuat Macaroon Sederhana

  1. Pertama-tama ambil loyang yang diolesi dengan mentega tipis, tutup dengan kertas roti kemudian sisihkan.
  2. Kemudian kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lunak, lalu tambahkan gula kastor dan kocok hingga gula larut dan lunak. Saat lunak tambahkan gula icing dan tepung almond, aduk rata menggunakan spatula.
  3. Kemudian pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih kecil, jika Anda ingin beberapa warna yang berbeda pada kue macaroon, adonan dibagi menjadi mangkuk yang berbeda sebanyak warna yang ingin Anda buat.
  4. Masukkan pewarna makanan yang telah disiapkan sesuai selera ke dalam adonan di setiap mangkuk, lalu aduk rata.
  5. Tuang campuran ke dalam kantung kue segitiga, buat lubang di ujungnya dan semprotkan campuran di atas loyang.
  6. Buat lingkaran yang sama, jangan lupa untuk memberi jarak sekitar 2 cm antara adonan agar saat campuran tidak saling menempel.
  7. Taburi dengan gula icing di atas campuran, lalu diamkan selama sekitar 15 hingga 20 menit.
  8. Setelah itu, panggang campuran kue ke dalam oven pada suhu 150 derajat Celcius selama sekitar 20 menit atau sampai matang. Kemudian angkat, dinginkan kue macaroon.
  9. Sebarkan satu bagian kue macaroon menggunakan sebaran yang dibuat sebelumnya, lalu tutup kue macaroon yang memiliki warna yang sama. Bentuknya menyerupai burger.
  10. Sajikan macaroon dengan kopi atau teh untuk camilan sore hari.

Tips tentang Cara Membuat Macaroon yang Renyah dan Cantik

  1.     Pastikan mixer yang digunakan kering, dan bebas dari air atau minyak karena dapat merusak rasa kue nanti
  2.     Saat mengerjakan bain marie atau mengukus, cobalah wajan yang diisi dengan putih telur dan gula yang tidak menempel pada air di wajan bawah.
  3.     Pertama-tama, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sehingga berbuih halus. Kurangi kecepatan menjadi sedang jika gula ditambahkan, sehingga gula dapat meleleh secara merata. Setelah putih telur kaku, gerakkan kecepatannya ke rendah sehingga menjadi lebih padat sebelum dicampur dengan bahan lain.
  4.     Pewarnaan kue macaron harus dalam bentuk pasta
  5.     Jangan terlalu lama mengalahkan telur, karena meringue akan berair.
  6.     Setelah adonan disemprotkan ke silpat (keset silikon antilengket) atau kertas roti dengan loyang, tepuk bagian bawah loyang / loyang sehingga tidak ada bintik-bintik di permukaan adonan.
  7.     Sebelum dipanggang, diamkan adonan selama satu jam hingga mengering, bentuknya halus dan kokoh, dan ‘berkaki’. Cobalah kamar ber-AC jika AC rusak bisa service ac di service ac jogja. Jika tidak ada AC, gunakan kipas yang disorot langsung ke adonan macaron.
  8.     Macaron yang sudah jadi harus dibiarkan berdiri di freezer selama dua hari agar tetap dan memiliki tekstur yang baik.
  9.     Putih telur dibiarkan selama sehari di dalam lemari es sebelum digunakan, saat Anda ingin menggunakannya, biarkan dingin pada suhu kamar selama beberapa menit.
  10.     Kegagalan yang tidak biasa karena waktu yang tidak efisien, Anda harus menyiapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu sehingga waktu tidak terbuang

Bagi Anda yang akan membuat macaroon ini, Anda dapat menggunakan oven untuk membantu pekerjaan Anda lebih mudah dan menghemat waktu.

Baiklah, begitulah cara membuat macaroon yang enak dengan beragam kreasi, semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk teman-teman showcase Anda di rumah, dan tentunya teman.

Pada titik ini, diskusi kita tentang Cara Membuat Macaroon yang Lezat dengan berbagai ciptaan Ingatlah bahwa memasak itu sendiri lebih baik daripada membeli.

Leave a Reply