Keuntungan Menggiurkan Budidaya Bibit Ikan Nila

Jika anda ingin mendapatkan untung banyak dalam usaha budidaya ikan, budidaya benih ikan nila adalah jawabannya. Ikan nila masih memiliki penggemar yang cukup tinggi.

Budidaya bibit ikan nila memiliki potensi ekonomis yang tinggi. Karena rasa yang enak dan harga yang tidak terlalu mahal. Ikan satu ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan memiliki rasa yang gurih dan enak.

Selain itu, perawatan ikan nila juga tidak terlalu sulit dan ikan nila juga cukup resisten terhadap serangan beberapa penyakit. Karena pertumbuhan ikan nila yang cepat sehingga pemanenan juga bisa lebih cepat dan memberikan untung lebih cepat.

Untuk memulai budidaya ikan nila, anda harus memahami karakteristik benih yang berkualitas. Karakteristik benih ikan ini memiliki ukuran yang seragam, bibit masih aktif dan gesit tidak lesu, tidak ada luka dan juga tidak berpenyakit. Pemilihan bibit ikan nila yang berkualitas penting dilakukan agar meminimalisir kerugian yang terjadi.

Budidaya Bibit Ikan Nila

Perawatan pada cara budidaya ikan nila dapat dibilang cukup mudah, selain itu karena bibit ikannya juga tidak rentan terhadap penyakit. Persiapan yang harus dilakukan antara lain:

1.Persiapan

Persiapan pertama yang harus dilakukan untuk membudidayakan bibit dari ikan nila adalah persiapan kolam. Ukuran kolam harus disesuaikan dengan jumlah ikan nila yang akan diternak.

Untuk memastikan tidak ada bibit penyakit di dalam kolam, perlu ditambahkan kapur tohor. Setelah itu masukan air dengan volume disesuaikan dengan jumlah ikan nila. Tunggu hingga air berwarna bening kehijauan lalu taburkan benih ikan ke dalam kolam.

2.Perawatan

Perawatan kolam ikan nila sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu memastikan air tidak terlalu keruh, jika sudah keruh anda perlu melakukan pergantian air. Untuk pemberian makan, beri pakan pelet sehari dua kali. Selain itu beri pupuk organik kurang lebih sebulan sekali agar bibit ikan nila mampu berkembang.

3.Pemanenan

Pertumbuhan ikan nila tergolong cepat, Ikan nila yang siap dipanen umumnya telah berumur 3 bulan atau lebih. Bobot minimum ikan dapat dipanen yaitu sekitar 300 gram.

Perawatan yang mudah dan hasil yang didapat cukup cepat menjadikan bisnis ikan nila ini diminati oleh sebagian masyarakat. Pemilihan bibit ikan nila yang baik akan meningkatkan efektivitas dan efisien serta keuntungan dari budidaya ikan air tawar ini tentunya.

Leave a Reply