Aspek Pemeliharaan Budidaya Bibit Ikan Nila

Ikan nila adalah ikan yang terbilang mudah pemeliharaanya dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ikan ini terbilang sebagai ikan yang mudah dikembang biakkan dan mudah dari segi perawatannya khususnya jika Anda ingin membudidayakan langsung dari bibit ikan nila.

Meskipun terbilang mudah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat merawat ikan nila. Hal ini berhubungan dengan lingkungan atau kondisi yang optimal dalam pembenihan pada bibit ikan nila. Lalu, kira-kira apa saja aspek pemeliharaan ikan nila yang bisa menjadi kondisi optimalnya? Berikut adalah ulasannya.

Pengelolaan Air

Aspek pemeliharaan ikan nila pertama yang harus diperhatikan adalah masalah pengelolaan air. Air akan mempengaruhi bagaimana pertumbuhan ikan nila. Parameter penentu kualitas air adalah seperti kandungan oksigen terlarut, hingga pH air.

Parameter lain yang bisa digunakan untuk memantau kualitas air adalah kadar karbondioksida, hingga kadar ammonia jika memungkinkan. Hal tersebut bisa menentukan bagaimana langkah yang harus Anda jalankan. Misalkan saja jika kadar ammonia terlalu tinggi, maka harus dilakukan yang namanya penggantian air. Hal ini ditandai dengan adanya bau busuk di sekitaraan kolam.

Pemberian Pakan

Pakan menjadi faktor utama pertumbuhan ikan nila. Pakan ini mencakup kualitas serta kuantitas pakan yang diberikan. Seperti yang kita ketahui jika ikan nila membutuhkan pakan 3% dari jumlah total bobot ikan setiap hari. Pemberian pakan ini bisa dilakukan pada pagi hari atau pun sore hari. Jangan lupa juga untuk mengambil sampel ikan secara acak lalu kemudian disesuaikan dengan jumlah pakan yang diberikan.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Parameter lain yang harus diperhatikan pada saat pemeliharaan dan budidaya ikan air tawar adalah pengendalian hama. Ikan nila adalah ikan yang tahan banting terhadp suat penyakit. Namun, jika pemeliharaan dilakukan secara besar maka pemantauan harus sering dilakukan dan resiko serangan harus selalu diwaspadai.

Penyebaran penyakit nila akan begitu cepat khususnya untuk jenis penyakit menular. Media penularan bisa melalui air sehingga dapat menjangkau penuh satu isi kolam. Sehingga, bagi Anda yang ingin melakukan budidaya dengan bibit ikan nila harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi optimal pertumbuhannya.

Leave a Reply