Tips yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Limbah Padat

Dari sekian banyaknya jenis limbah, salah satu yang paling banyak adalah limbah padat. Yap, limbah padat merupakan sebuah limbah yang memang paling banyak dihasilkan oleh manusia. Limbah padat pun bisa bervariasi mulai dari yang organik, non organik, hingga limbah B3.

Contoh limbah padat adalah sampah plastik, sampah botol, sampah kaleng, sampah dedaunan, sampah elektronik, dan benda – benda padat lainnya.

Sebetulnya sampah atau limbah padat tidak akan pernah bermasalah apabila mereka berada di tempat yang tepat. Saat ini semua menjadi bermasalah karena sampah dan limbah tersebut tidak terkelola dengan baik dan berada di tempat yang tidak tepat seperti di jalanan, di sungai, di laut, di gunung, dll akibat tidak dibuang ke dalamĀ tong sampah stainless. Sehingga banyak menimbulkan penyakit, bencana dan dampak negatif lainnya.

  1. Pembuatan kompos

Salah satu hal yang paling banyak dilakukan dalam memanfaatkan limbah padat adalah adalah dengan cara membuatkan ia menjadi popok kompos. Pupuk kompos ini nantinya bisa dimanfaatkan kembali untuk tanaman agar tanaman bisa menjadi lebih subur dan juga lebih sehat.

Selain bisa digunakan kembali, pupuk kompos ternyata juga bisa kita jual kembali dan pada akhirnya menjadi pemasukan tambahan untuk kita.

  • Pembuatan Kerajinan tangan

Selanjutnya adalah pembuatan kerajinan tangan yang bisa kita manfaatkan dari yang namanya sampah seperti sampah kaleng, sampah botol plastik dan sampah – sampah lainnya. Sama halnya dengan pupuk kompos, dimana kita bisa juga bisa menjual kerajinan tangan kita kepada konsumen.

Dengan begitu, selain sampah bisa dikurangi keberadaannya, sampah pun bisa memberikan manfaat tambahan bagi kita.

Sebetulnya masih banyaknya lagi benda yang bisa kita buat dari yang namanya sampah atau limbah padat.

Kita tinggal mengeluarkan ide kreatifitas kita untuk mengolah limbah padat menjadi barang yang bisa digunakan kembali dengan fungsi yang lain.

Selanjutnya nanti menjadi bisnis yang menggiurkan dan mungkin bisa berkembang dan pada akhirnya bisa turut membantu ekonomi masyarakat sekitar lingkungan kita.

Jadi, ayo kelola limbah padat di tempatmu dengan baik dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply