Cara Memperbaiki Masalah Layar Hitam Pada Windows 10

Ketika PC Windows 10 Anda menampilkan layar hitam, gunakan panduan ini untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah ini.

Sepanjang masa pakai perangkat Windows 10 Anda, Anda akan menemukan banyak masalah, tetapi tidak satu pun dari mereka yang mengganggu seperti layar hitam karena Anda tidak akan mendapatkan kode kesalahan atau pesan yang memberi Anda petunjuk di mana untuk memulai pemecahan masalah.

Pada Windows 10, layar hitam dapat terjadi karena berbagai alasan. Ini mungkin terkait dengan masalah dengan pembaruan driver grafis terbaru atau koneksi fisik antara tampilan dan adaptor video. Selain itu, Anda mungkin mengalami perilaku ini saat memutakhirkan ke pembaruan fitur baru atau menerapkan pembaruan kumulatif baru. Atau itu bisa terjadi begitu saja.

Apa pun alasannya, ada beberapa cara di mana Anda dapat menentukan penyebab dan menyelesaikan masalah ini, apakah Anda memiliki akses ke desktop atau tidak.

Dalam panduan Windows 10 ini, kami akan memandu Anda melalui serangkaian instruksi untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah layar hitam pada komputer Anda.

Cara memperbaiki masalah koneksi pemecahan masalah layar hitam pada Windows 10

Ketika Anda melihat layar hitam di komputer Anda, mungkin ada banyak alasan untuk perilaku ini, termasuk masalah dengan perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Dalam instruksi yang diuraikan di bawah ini, Anda akan menemukan langkah pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah ini.
Memeriksa masalah koneksi

Jika perangkat Anda mengalami layar hitam sebelum Anda bahkan dapat masuk ke akun Anda, maka itu bisa menjadi masalah koneksi antara layar dan komputer.

Dalam situasi ini, periksa kembali koneksi dan pastikan kedua ujung kabel sinyal terhubung dengan benar, monitor menerima daya, dan menggunakan output yang benar. (Anda dapat memeriksa situs web dukungan pabrikan untuk detail lebih spesifik.)

Jika Anda memiliki beberapa output video, cobalah untuk mengalihkan koneksi ke port lain dan menggerakkan mouse di sekitar atau tekan tombol apa saja pada keyboard untuk membangunkan tampilan. Sering kali, pembaruan driver dapat menyertakan perubahan, yang karena alasan yang tidak diketahui, dapat mengirim sinyal video ke port yang salah (DisplayPort, HDMI, DVI, Thunderbolt, VGA).

Jika Anda bekerja dengan sistem yang menyertakan kartu grafis diskrit dan terintegrasi, Anda dapat beralih ke prosesor video tertanam untuk mengonfirmasi apakah masalahnya ada pada kartu diskrit.

Saat menggunakan monitor eksternal, Anda dapat membuka pengaturan monitor on-board dan pastikan untuk meningkatkan kecerahan karena mungkin menjadi alasan layar hitam. Saat berada di menu pengaturan, ada baiknya juga untuk memeriksa apakah monitor menggunakan input yang benar. (Jika Anda tidak tahu cara mengakses pengaturan monitor Anda, periksa situs web dukungan pabrikan Anda untuk perincian spesifik.)

Langkah pemecahan masalah lain yang dapat Anda coba termasuk menghubungkan monitor ke komputer lain untuk melihat apakah Anda berurusan dengan layar yang rusak atau kartu video.
Mendeteksi tampilan

Dalam banyak kasus, Anda mungkin melihat layar hitam akibat Windows 10 kehilangan koneksinya dengan layar. Anda dapat menggunakan tombol Windows + Ctrl + Shift + B pintasan keyboard, yang memulai kembali driver video dan menyegarkan koneksi dengan monitor.

Pada tablet (seperti Surface Pro 7), Anda dapat membangunkan layar dengan menekan tombol volume naik dan volume turun secara bersamaan tiga kali dengan cepat.

Saat Anda melakukan tindakan ini, Anda akan mendengar bunyi bip dan aktivitas di layar yang mengindikasikan bahwa Windows 10 merespons perintah dan membangun kembali koneksi dengan layar.

Atau, dengan anggapan bahwa Windows 10 responsif, Anda dapat menggunakan tombol Windows + pintasan keyboard untuk memunculkan menu “Project”, lalu tekan tombol P, dan tekan tombol Enter untuk beralih di antara mode tampilan yang berbeda untuk melihat apakah layar hitam menghilang. Ulangi langkah empat kali untuk memungkinkan bersepeda melalui semua pengaturan yang mungkin.
Melepaskan perangkat yang tidak penting

Periferal yang terhubung ke perangkat Anda bisa menjadi alasan layar hitam atau layar hitam dengan titik-titik pemintalan saat startup.

Jika Anda mengalami hal yang serupa, lepaskan koneksi semua periferal (seperti printer, kamera, drive yang dapat dilepas, Bluetooth, dan perangkat USB lainnya) dari komputer Anda.

Nyalakan kembali komputer Anda sekali lagi, dan jika semuanya berfungsi normal, maka Anda memiliki masalah dengan salah satu periferal Anda. Anda dapat mengetahui yang mana yang menyebabkan masalah dengan menghubungkan kembali satu periferal satu per satu sampai Anda menemukan yang menyebabkan konflik.

Setelah Anda tahu perangkat yang menyebabkan masalah, lepaskan sambungannya, hidupkan kembali komputer Anda, dan kemudian cari online untuk melihat apakah ada perbaikan, atau hubungi pabrik perangkat Anda untuk bantuan tambahan.

Leave a Reply